FUNDtastic

Apa Itu Kakeibo?

Dibuat pada tahun 1904 oleh jurnalis Jepang Hani Motoko sebagai sistem akuntansi untuk ibu rumah tangga, kakeibo dirancang untuk memberi kamu kendali atas anggaran kamu dan membuat kamu sadar akan kebiasaan belanja. Ini adalah sistem sederhana yang meminta pengguna untuk menjawab empat pertanyaan:
1.Berapa banyak uang yang tersedia?
2.Berapa banyak yang ingin kamu tabung?
3.Berapa yang kamu belanjakan?
4.Bagaimana kamu bisa meningkat?

Meskipun kakeibo adalah buku besar yang sederhana, ini adalah metode yang cukup cerdik bagi banyak orang Barat, terutama kaum muda yang terbiasa mengikuti keuangan mereka di komputer dan telepon mereka. Kakeibo mengharuskan kamu untuk menuliskan semua yang kamu beli dan merampingkan anggaran kamu dengan mengelompokkan pembelian ke dalam empat kategori:

1.Kebutuhan: Hal-hal yang kamu tidak bisa hidup tanpanya, seperti makanan, kertas toilet, dan sampo.
2.Keinginan: Pembelian yang kamu nikmati tetapi tidak perlu, seperti hidangan takeout atau sepasang sepatu baru.
3.Budaya: Hal-hal seperti buku dan kunjungan ke museum.
4.Tidak terduga: Biaya yang tidak kamu antisipasi, seperti kunjungan dokter atau perbaikan mobil.

Sistem empat kategori membantu pengguna kakeibo menjadi lebih sadar akan kebiasaan belanja mereka dan menghindari membuang-buang uang untuk hal-hal yang tidak selaras dengan tujuan mereka.

Kenapa Pakai Kakeibo?

Kakeibo adalah alat yang luar biasa bagi mereka yang tertarik pada minimalis à la Marie Kondo. Perhatian khusus pada perhatian memisahkannya dari sistem penganggaran lainnya, menjadikannya cocok untuk mereka yang ingin memastikan uang mereka mengarah ke hal-hal yang membawa sukacita bagi kehidupan mereka.

Beberapa manfaat kakeibo adalah:

• Menyederhanakan keuangan dengan mengelompokkan pengeluaran ke dalam empat kategori berbeda.
• Mendorong tujuan tabungan bulanan yang realistis.
• Memperhatikan saat ini, masa lalu dan masa depan.
• Mendorong penghematan jumlah kecil setiap hari daripada jumlah besar sesekali.
• Merayakan pencapaian kecil.



Bagaimana Cara Menggunakan Kakeibo?

Kakeibo menggabungkan perencanaan, penjurnalan, dan menjaga buku besar untuk membawa perhatian dan niat pada kebiasaan belanja kamu. Ini panduan langkah demi langkah untuk menggunakan kakeibo kamu.


1.Tetapkan anggaran

Di awal bulan, tuliskan pendapatan bulanan kamu dan biaya tetap. Kurangi pengeluaran kamu dari penghasilan kamu untuk menentukan berapa banyak yang kamu miliki untuk semua pengeluaran bulanan lainnya.

2.Tetapkan tujuan tabungan untuk bulan itu.

Tujuan penghematan adalah bagian penting dari kakeibo. Metode ini mendorong penetapan sasaran bulanan yang realistis dan mencatat untuk apa kamu menabung. Setelah kamu menentukan tujuan, sisihkan tabungan kamu dengan mengurangi jumlah sasaran dari uang belanja yang tersedia.

3.Pantau pengeluaran kamu.

Setiap minggu, saat kamu melakukan pembelian, catat di buku besar kamu. Mirip dengan tren terbaru dari jurnal bullet, kakeibo mengharuskan kamu untuk melacak pengeluaran kamu secara real-time, dengan pena dan kertas, yang membantu kamu memperlambat, memperhatikan saat ini, dan memikirkan dampak masa depan pengeluaran kamu.

4.Hitung uang yang dihabiskan di setiap kategori.

Pada akhir bulan, tentukan berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk kebutuhan, keinginan, pengeluaran tak terduga dan pembelian budaya.

5.Hitung uang yang dihabiskan dan disimpan.

Jumlahkan semua pembelian kamu dan kurangi jumlahnya dari total anggaran kamu (langkah 1). Jumlah ini adalah jumlah yang kamu simpan. Bandingkan dengan jumlah sasaran tabungan kamu.

6.Nilai kinerja kamu.

Komponen lain yang memisahkan kakeibo dari metode penganggaran lainnya adalah pendekatan yang cermat untuk merefleksikan kinerja kamu. Apakah kamu memenuhi tujuan kamu? Jika demikian, catat apa yang berjalan lancar bulan ini dan bagaimana kamu dapat meneruskan kesuksesan kamu. Jika tidak, tuliskan alasan kamu tidak memenuhi tujuan dan bagaimana kamu dapat meningkatkan bulan berikutnya.




Sumber: www.credit.com